• Jasa Bersih Rumah
  • 081221601475
  • info@jasabersihrumah.com

Walaupun Jadul, Penggunaan Toilet Jongkok Jauh Lebih Sehat

toilet jongkok

Meskipun banyak yang menyebutnya jadul tapi ternyata toilet jongkok memiliki banyak kelebihan dibanding toilet duduk dari sisi kesehatan. Namun sayangnya kini dengan alasan kekinian atau lebih modern, justru banyak yang memilih toilet duduk.

Namun, itu harus dipastikan bahwa toilet tersebut benar-benar bersih. Toilet harus dibersihkan setidaknya 2 kali seminggu. Untuk pembersihan secara lebih baik, Anda bisa panggil penyedia jasa cuci toilet.

Banyak fakta yang bisa menjadi bukti jika kloset jongkok lebih baik dari sudut pandang kesehatan untuk para penggunanya. Bahkan banyak ahli di bidang kesehatan yang kini justru menyarankan untuk kembali lagi menggunakan closet jongkok. Nah, diantara alasannya ialah sebagai berikut.

Memperlancar Urusan Buang Air Besar (BAB)

Banyak yang berdalih jika kloset jongkok mampu memperlancar BAB hanyalah sugesti saja. Padahal sampai saat ini banyak hasil penelitian yang menyebutkan seperti itu. Artinya secara akademis statement ini bisa dipertanggung jawabkan.

Salah satunya adalah hasil penelitian dari Dov Sikirov di dalam jurnal Degestive Diseases and Sciences, jika penggunaan kloset jongkok memiliki pengaruh cukup besar terhadap kelancaran BAB. Dov Sikirov melakukan penelitian pada sejumlah peserta yang pesertanya diminta untuk BAB di tiga posisi closet yang berbeda.

Hasilnya peserta yang BAB menggunakan toilet duduk setinggi 16 inch dan 12 inch butuh waktu hingga 130 detik untuk BAB. Ini berkebalikan dengan pengguna toilet jongkok. Penggunanya hanya butuh waktu 51 detik untuk BAB.

Membantu Dalam Meningkatkan Tekanan Intra Abdomen

Posisi seseorang saat BAB akan mempengaruhi kecepatan dalam melakukan proses pengeluaran kotoran. Contohnya ialah posisi paha yang tertekuk pada perut bisa membuat kapasitas rongga perut akan berkurang.

Secara tidak langsung, kondisi tersebut juga akan meningkatkan tekanan intraabdomen yang akan mempercepat proses pendorongan feses menuju keluar. Itulah kenapa BAB menggunakan kloset jongkok memerlukan waktu lebih sedikit dibanding kloset duduk.

Melemaskan Otot Puborectalis

Pada saat Anda BAB, otot puborectalis akan mengendurkan tekanannya di rektum sebagai proses keluarnya kotoran. Menurut Henry L. Bockus dalam jurnal Gastroenterology, penggunaan closet jongkok membuat tekanan otot puborectalis mengendur sehinga feses/kotoran akan keluar dengan lebih mudah dan cepat.

Berbeda pada saat Anda menggunakan kloset duduk yang hanya mengendurkan otot sebagian kecil saja. Akibatanya, BAB di kloset duduk butuh waktu lebih lama. Memangnya apa fungsi otot puborectalis ini?

Otot puborectalis berfungsi untuk mengontrol ketegangan pada perut. Dengan demikian, jika Anda menggunakan kloset jongkok, ketegangan otot puborectalis ini akan hilang sehingga menjadi lebih rileks.

Mengurangi Sembelit dan Gejala Wasir

Menurut penemu Squatty Potty, toilet jongkok justru lebih besar manfaatnya untuk kesehatan dibanding toilet duduk. Dan salah satu diantaranya adalah bisa mengurangi sembelit dan kembung.

Bahkan tidak hanya itu saja, penggunaan kloset jongkok untuk kesehatan lainnya adalah bisa menurunkan gejala wasir serta meningkatkan kesehatan usus besar secara keseluruhan. Selain itu, kontrol kandung kemih dan otot pinggang akan semakin baik karena ketegangan akan berkurang.

Pernyataan di atas dikuatkan oleh studi yang dilakukan oleh beberapa ahli kesehatan di Israel. Studi tersebut memberikan fakta jika lokasi yang lebih banyak menggunakan closet jongkok justru lebih minim mengalami penyakit pencernaan seperti sembelit, wasir, dan divertikulatis.

Sebenarnya masih banyak lagi fakta yang menjelaskan begitu baiknya penggunaan kloset jongkok untuk kesehatan. Artinya jika Anda lebih mengutamakan kesehatan dibanding nilai estetik, maka penggunaan kloset jongkok lebih direkomendasikan secara kesehatan.

Apalagi kini cukup banyak desain kloset jongkok terbaru yang bisa Anda pilih. Artinya secara nilai estetik pun sebenarnya tidak kalah. Selain itu, secara harga, harga toilet jongkok juga lebih murah dibanding harga toilet duduk.

Tinggalkan sebuah Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas