• Jasa Bersih Rumah
  • 081221601475
  • info@jasabersihrumah.com

Cara Menggunakan Toilet Duduk Yang Benar Untuk Kesehatan

toilet duduk

Dulu toilet duduk lebih familiar di daerah perkotaan saja. Tetapi saat ini banyak masyarakat di pedesaan yang mengganti closet jongkoknya dengan closet duduk. Meskipun hingga saat ini pro dan kontra mengenai pengaruh closet duduk terhadap kesehatan kian meruncing.

Penggunaan closet duduk menjadi pilihan utama sebab lebih bisa menghadirkan kesan bersih dan modern. Namun di sisi lain ada beberapa kalangan yang menyatakan jika toilet jenis ini kurang baik untuk kesehatan. Dan semakin lebih buruk jika toiletnya kotor. Harusnya, toilet apapun harus dibersihkan. Toh tidak sulit untuk membersihkan toilet.

Penjelesan Mengenai Pengaruh Closet Duduk Untuk Kesehatan

Mengenai pengaruh closet duduk terhadap kesehatan hingga saat ini masih menimbulkan pro dan kontra. Ada yang menilai jika closet duduk memiliki pengaruh buruk terhadap kesehatan. Tapi ada juga yang menilai jika toilet jongkoklah yang justru memiliki pengaruh buruk terhadap kesehatan.

Dov Sikirov

Di dalam jurnal Digestive Diseases and Sciences, Dov Sikirov berpendapat jika berjongkok atau duduk ketika di toilet ternyata bisa memengaruhi kelancaran saat BAB (Buang Air Besar).

Brianne Grogan

Terapis fisik kesehatan wanita, Brianne Grogen justru menilai jika buang air kecil dengan cara jongkok bisa menimbulkan pengosongan kendung kemih yang tidak tuntas. Sehingga pada akhirnya bisa menjadi penyebab semakin meningkatnya frekuensi dan urgensi buang air kecil. Bahkan dalam kasus-kasus ekstrem mampu meningkatkan infeksi kandung kemih.

Dr. Primrose Freestone

Dr. Primrose Freestone yang merupakan ahli mikrobiologi klinis dari Universitas Liecester menyebutkan jika sebenarnya tidak perlu takut akan kuman pada saat duduk di closet duduk. Bahkan di toilet umum sekalipun.

Hal ini dikarenakan bentuk permukaan dudukan kloset sudah didesain khusus supaya bakteri tidak bisa hidup di sana. Apalagi kini kloset duduk semakin banyak jenis dan macamnya yang bahkan bisa disesuaikan dengan gaya hidup para penggunanya.

Tips Mengunakan Kloset Duduk yang Benar

Ada beberapa kalangan yang masih meragukan kehigienisan kloset duduk dibanding kloset jongkok yang memang tidak mengharuskan kulit bersentuhan langsung dengan permukaan toilet.

Selain itu berbagai penelitian menyebutkan jika waktu BAB yang dibutuhkan saat menggunakan toilet duduk lebih lama dibanding di toilet jongkok. Namun jika boleh jujur ini hanya masalah kebiasaan saja. Artinya kebiasaan BAB di toilet jongkok membuat BAB di closet duduk menjadi kurang nyaman. Sehingga yang terjadi kemudian adalah BAB menjadi lebih lama.

Sebenarnya yang harus dicarikan solusinya adalah bagaimana agar bakteri dan kuman tidak berpindah ke badan sewaktu menggunakan kloset duduk. Dan solusinya hanyalah satu, yakni selalu menjaga kehigienisan kloset duduk Anda.

Dan hal semacam ini sebenarnya juga berlaku untuk toilet jongkok. Meskipun Anda pengguna toilet jongkok namun jika tidak terjaga kebersihannya maka juga akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Apalagi kini cukup banyak produk pembersih toilet yang mampu membunuh bakteri dan kuman.

Kloset Duduk Atau Jongkok?

Jika disuruh memilih antara keduanya, jawaban paling bijaknya adalah kembali lagi ke kebutuhan. Meskipun jika melihat ulasan para ahli lebih condong ke toilet jongkok jika dilihat dari segi kesehatan. Tapi ada suatu keadaan yang membuat closet duduk lebih baik digunakan.

Lalu bagaimana jika di rumah sudah terlanjur terpasang kloset duduk? Apakah harus dibongkar dan diganti dengan toilet jongkok? Tentunya tidak sampai seekstrim itu. Pasalnya apapaun jenis toilet yang Anda gunakan, apakah itu toilet duduk ataukah jongkok jika kehigienisannya selalu dijaga maka akan berdampak baik terhadap kesehatan.

Tinggalkan sebuah Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gulir ke Atas